Assalamualaikum Wr. Wb.

Haloo, selamat siang/sore/malam. Coret aja yang gak perlu. Tergantung kapan kalian baca blog ini. Jadi sesuai in sendiri ya non.

Oke Anyway. Yang udah Ujian Nasional pasti sekarang udah terima daftar nilai nya kan. Gimana perasaan nya ? Alhamdulillah ? atau Naudzhubillah ?

NB : Ujian Nasional SMP ya. Bukan SMA. Apa lagi SD. Unyu banget gue mbahass Ujian SD. Orang gue nya aja udah SMP.

Buat kalian yang Nilai Ujian nya memuaskan. Dapat ucapan selamat dari Alya Hafizha Syahidna. Congratulation!

Dan, buat kalian kalian yang Nilai nya mungkin Pas-pas an. Bersyukurlah. Pas-Pas an itu Berkah asal kalian tau. 
(Pas buat masuk SMA faforit, Pas buat bikin orang tua bangga, Pas juga buat buktikan ke Haters kalian kalau kalian itu bisa) Haha, jadi jangan mandang remeh sama kata Pas-Pas an. *The power of pas-pas an.

Ujian Nasional Udah berakhir. Hasilnya pun sudah dibagikan. Jadi, Sekarang kalian udah resmi menyandang gelar Alumni. Pasti nya juga sekolah masing-masing ngadain dong ya acara Farewell Party buat kelulusan.

Meluapkan kegembiraan atau mengapresiasikan Kelulusan itu gak Harus konfoy konfoy gak jelas di jalan-jalan sama kejar-kejaran lari dari Polisi. Apalagi Sampai corat-coret Baju Biru putih nya. Itu eman-eman banget kalau kata orang jawa. Kenapa ? Sola nya kalian juga butuh baju itu buat daftar ke SMA. Waktu MOS juga kalian pasti masih pakai baju Biru putih itu. Terus gimana kalau udah dicorat coret ? Mau pakek apa waktu MOS ? Mau pakek baju bebas, atau Mukena ? yang ada senior senior pada mandi in kalian di kali Grogol.

Oke. Sama satu hal lagi yang menurut ane penting dan perlu dibahas adalah masalah Cheaters yang berkembang biak sangat pesat. Buat kalian yang nilai nya Jatuh atau kurang dan kalah sama yang pakai kunci jawaban. Gak usah berkecil hati. Allah gak semudah itu memberikan hasil yang memuskan kepada hambanya yang berbuat curang. Memang sekarang mereka berbangga dengan hasil yang menurut beberapa orang itu Sangat membanggakan. Tapi, sebangga apapun mereka. Mereka akan tetap menemukan kesulitan suatu saat nanti. Kesulitan yang sama yang dirasakan teman-teman mereka yng berusaha dengan keras tapi karna kecurangan mereka. Mereka menjadi tersisih dan harus mengalah.

Lalu, siapa yang akan disalahkan kalau semua seperti ini ? Pak Menteri ? Kepala sekolah ?  Guru ? lembaga bimbingan belajar ? Siswa yang curang ? atau, tukang siomay langganan gue yang gerobak nya warna biru ? *Sabar ya bang siomay.

Gak ada yang bisa disalahin tentang ini. Giaman pun. Mereka juga berusaha buat nyari Kunci Jawaban smpai harus rogoh kocek percuma buat beli kunci jawaban itu. Belum juga kalau kunci nya salah. Rugi kuadrat. Jadi intinya. Gak usah pakek kunci supaya sama-sama adil.

nyalahin Pak. Menteri ? mungkin taun depan gak usah ada Ujian Nasional kenapa toh. Yang dinilai itu kan proses nya bukan hasil akhirnya. Ketibang kayak gini buanyak banget yang curang. Meding sekalian aja nda usah ada Ujian Nasional. Bener toh ya *Coblos saya jadi presiden

Terus siapa lagi selanjutnya. Nyalahin keadaan ? Emmm ya nggak salah itu juga. Tapi ya bisa jadi. Kenapa yang gak pakek kunci gak ikut2 an pakek kunci sekalian. Kan nanggung gitu. Sekalian aja gitu satu sekolahan pakek kunci. Terus waktu ngerjain Ujian nya Dibuat per-kelompok *3 hari kemudian sekolahnya ditutup.

Tapi pada intinya. Kita harus tetep maju. World keep moving and I’ll keep on standing. Masalah kecurangan itu udah ada hakim nya sendiri yang ngatur. Jadi kita nda perlu bingung-bingung ngurusi mereka. Mending ngurusi nilai sendiri aja yang gak tau nasibnya mau dibawa kemana ‘-‘9

Ya udah lah ya. Sekarang tinggal berdo’a lebih banyak lagi sama Allah SWT semoga kita semua diterima di Sekolah lanjutan yang kita semua impikan. Yang kita semua inginkan. Berjuang dengan lebih giat lagi untuk membanggakan orang tua. Semakin besar dan semakin tinggi pohon itu tumbuh. Pasti angin yang menerpa juga akan semakin kuat. Atau bahasa ilmiah nya. Setinggi apapun cita-cita kita nanti yang udah kita gantungin setinggi langit. Pasti bakal banyak banget perjuangan untuk mendapatkan nya. *Lagian siapa toh yang nyuruh naruh cita-cita dilangit kan bahaya kalau jatuh. Sakit nya tu disini *Nunjuk pantat*

Wes nda usah mikir hal-hal yang Cuma bikin kita sakit. Positif thinking Wae. Kita 
bisa kok. Pati Bisa. There is no rainbow without Rain. 
Oke

Sekian.

Wassalamualaikum Wr. Wb